Nasution, Salhazan and Nasution, Arbi Haza and Hakim, Arif Lukman (2019) Pembuatan Plugin Tile-Based Game Pada Unity 3D. IT Journal Research and Development, 4 (1). pp. 46-60. ISSN 2528 - 4053
Text
J7.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Saat ini video games sudah menjadi hal umum dalam kehidupan masyarakat dunia. Sejalan dengan itu, proses pengembangan sebuah game menjadi lebih baik dengan kemunculan game engine. Salah satu dari sekian banyak game engine yang paling sering digunakan adalah Unity. Unity memberikan berbagai macam fitur, salah satunya adalah kemampuan untuk menggunakan plugin. Hanya saja, Unity sendiri belum memiliki plugin untuk pengembangan game berbasis tile. Tanpa dukungan plugin, pengembangan tile-based game akan memakan waktu sangat lama, karena setiap tile harus diatur ulang masing-masing posisinya pada koordinat x, y, dan z dengan sangat presisi setiap kali tile baru dibuat. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan membuat GUI (Graphical User Interface) pada editor Unity, dengan melakukan ekstensi kelas Editor milik Unity. Dengan melakukan ekstensi kelas tersebut, sebuah sistem menu baru dapat dibuat khusus untuk melakukan level editing pada tile-based game. Dengan menggunakan plugin ini, pengembangan tile-based game dapat menjadi lebih efektif dan efisien, baik dari segi sumber daya, waktu, dan kemudahan pengerjaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | > Teknik Informatika |
Depositing User: | Monika Winda Monika |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 07:03 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 07:03 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21149 |
Actions (login required)
View Item |