Wirawan, Wira
(2020)
Pelaksanaan pembelajaran
guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se-Kecamatan Bangkinang
Kota Kabupaten Kampar.
Diploma thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa
Indonesia di SMA Negeri se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten
Kampar”.Pelaksanaan pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah salah satu langkah
yang harus ditempuh seorang pendidik/ guru. Pelaksanaan pembelajaran yang berhasil di
terapkan akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Observasi yang
dilakukan penulis menemukan Guru masih jarang menyiapkan murid secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. Guru jarang sekali menerapkan bagaimana
membuat proses pembelajaran menjadi senang, mudah dan tertantang bagi peserta didik.
Guruhampir jarang melakukan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam
pembelajaran. Masalah penelitian adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru
bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota
Kabupaten Kampar.Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan
menginterpretasikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa
Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada
saat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kunandar (2011).Sampel dalam penelitian ini
adalah menggunakan teknik sampling jenuh karena guru Bahasa Indonesia se- Kecamatan
Bangkinang Kota tidak mencapai 30 orang guru karena penulis melaksanakan penelitian
hanya dua sekolah saja. Oleh sebab itu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 10
orang guru.Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif.Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan
pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se- Kecamatan
Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada pelaksanaan kegiatan pendahuluan
pembelajaran berada pada kategori kurang baik (42,5%) dan hipotesis ditolak . Penulis
menemukan Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA
Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada pelaksanaan kegiatan
inti pembelajaran berada pada kategori cukup baik (56,2%) dan hipotesis ditolak diterima.
Penulis menemukan Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa Indonesia
pelaksanaan di SMA Negeri Se- Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar pada
pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran berada pada kategori kurang baik (45,3%)
dan hipotesis ditolak diterima.Pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi Bahasa
Indonesia di SMA Negeri Se Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Tahun
Ajaran 2019/2020 belum efektif.
KATA KUNCI : Pelaksanaan Pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |