Pelakasanaan Pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Dalam Jual Beli Tanah Berdasarkan Perda Nomor 4 Tahun 2010 Dikecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru

Juniansyah, Muhammad Fikra (2019) Pelakasanaan Pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Dalam Jual Beli Tanah Berdasarkan Perda Nomor 4 Tahun 2010 Dikecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
141010200.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan dari pajak merupakan salah satu aspek penting dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), pemungutan pajak BPHTB terhadap wajib pajak yang melakukan peralihan hak atas tanah dan bangunan di Kota Pekanbaru pada tahun 2017 telah terealisasi namun tercapainya target penerimaan pajak tersebut tidak menutup kemungkinan adanya kendala dalam pemungutan pajak BPHTB. Sistim self Assesment yang diterapkan dalam pemungutan pajak BPHTB menyebabkan masyarakat sebagai wajib pajak kurang memahami penghitungan nilai pajak terutang yang dibebankan atas transaksi jual beli yang dilakukan selain itu kurangnya sosialisasi pemerintah mengenai tata cara pembayaran BPHTB kepada masyarakat juga menyebabkan masyarakat kesulitan atau terkendala dalam pelaksanaan pemungutan pajak BPHTB. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksa-naan pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dalam jual beli tanah berdasarkan Perda No. 04 Tahun 2010 di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dan kendala yang dihadapi dalam pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dalam jual beli tanah. Penelitian ini menggunakan metode observational research (Non-Doctrinal) dengan cara surve kelapangan yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan secara langsung untuk memperoleh data yang diperlukan dengan menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara dan koesioner, sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dalam jual beli tanah berdasarkan Perda No. 04 Tahun 2010 di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru telah terealisasi dengan baik jika dibandingkan dengan tahun 2016, dalam pelaksanaan pemungutan pajak BPHTB wajib pajak melalui beberapa tahap yaitu proses penetapan, pengisian Surat Setoran Pajak ( SSPD ) BPHTB, proses penghitungan BPHTB, proses penelitian (Verifikasi) dan proses pembayaran BPHTB, wajib pajak akan menerima SSPD BPHTB (Surat Setoran Pajak Daerah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan melakukan penghitungan jumlah pajak terutang yang wajib dibayar oleh wajib pajak secara lengkap dan benar sedangkan kendala yang dihadapi dalam pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dalam jual beli tanah berdasarkan Perda No. 04 Tahun 2010 di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru adalah kurangnya pemahaman wajib pajak dalam menghitung nilai pajak terutang yang dibebankan atas transaksi jual beli yang dilakukan dan kurangnya sosialisasi pemerintah mengenai tata cara pembayaran BPHTB kepada masyarakat dalam proses penghitungan pajak BPHTB terhutang sehingga masyarakat banyak yang tidak memahami tata cara penghitungannya.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorIbnususilo, EfendiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSyafriadi, SyafriadiUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
Depositing User: Mia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:58
Last Modified: 13 Mar 2023 07:58
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item View Item