Preferensi Gaya Belajar dan Self Regulated Learning serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau

Nurhuda, Nurhuda and Wijaya, Purba Andy (2017) Preferensi Gaya Belajar dan Self Regulated Learning serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. UNSPECIFIED.

[img] Text
Laporan Penelitian Mei 2017..pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa dan regulasi diri mahasiswa dalam belajar, serta ingin mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan menggunakan pendekatan survey. Gaya belajar mahasiswa pendidikan akuntansi memiliki kecenderungan memiliki gaya belajar sensing dan thinking, sementara tingkat pengaturan diri mahasiswa dalam belajar pada kategori tinggi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil nilai sig sebesar 0,201 > dari sig a (0,05) yang artinya tidak ada pengaruh kecenderungan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UIR. Untuk self regulated learning terhadap hasil belajar diperoleh hasil nilai sig sebesar 0,041 < dari sig a (0,05) yang artinya ada pengaruh self c regulated learning terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UIR. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada mahasiswa untuk memahami gaya belajar dan melakukan pengaturan diri dalam belajar guna mencapai belajar yang optimal, sedangkan kepada dosen diharapkan dapat memberikan variasi dan inovasi dalam menetapkan metode pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan dari karakteristik mahasiswa yang beragam.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Gaya Belajar, Self Regulated Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mia
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:02
Last Modified: 02 Feb 2023 03:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item