Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Labor Binaan FKIP UNRI

Putri, Maya Yulia Eka and Nurhuda, Nurhuda (2017) Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Labor Binaan FKIP UNRI. PeKA Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 05 (01). pp. 30-42. ISSN 2337-652x

[img] Text
Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar.pdf - Published Version

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI. Pada penelitian ini terdapat empat variabel yaitu pemanfaatan waktu belajar (X1), pemanfaatan fasilitas belajar (X2), motivasi (X3) dan hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI yang berjumlah 182 siswa dengan menggunakan rumus Slovin diketahui jumlah sampel pada penelitian ini adalah 126 siswa, data diperoleh menggunakan kuisioner yang terdiri dari 34 butir pernyataan sementara analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS Hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa Fhiting 13,433 > Ftabel 3,069 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi yang diberikan sebesar 23 %, sedangkan sisanya sebesar 77% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Waktu Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mia
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:43
Last Modified: 26 Jan 2023 04:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item