Keterampilan Menjelaskan Guru Pada Pelajaran Ekonomi Di SMA Budhi Luhur Pekanbaru

Fajar, Fahri (2018) Keterampilan Menjelaskan Guru Pada Pelajaran Ekonomi Di SMA Budhi Luhur Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Ekonomi Akuntansi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembang kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan bangsa indnesia. Dalam dunia pendidikan Keterampilan Guru bukanlah istilah asing yang dikenal dengan istilah Keterampilan Dasar Mengajar (general teaching skills), Meskipun secara umum keterampilan mengajar di kelas bukan hanya melihat pada kompetensi paedagogik namun lebih mengarah pada kompetensi secara umum yang diaplikasikan di kelas sehingga siap tranformasikan oleh guru pada peserta didik. Kompetensi secara umum merupakan seperangkat kemampuan atau keterampilan yang dimiliki dengan prinsif aktualisas diri yang dilakukan dengan konsep berkelanjutan dan relevansi. Sedangkan,Keterampilan Dasar Mengajar merupakan suatu karakteristik umum dari seseorang yang berhubungan dengan pengetahuan yang dikombinasikan dengan pengalaman serta cerminan yang diwujudkan melalui tindakan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dengan konsep berulang-ulang dan relevansi. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi dan gambaran. keterampilan menjelaskan guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru dilihat dari a) kejelasan, b) penggunaan contoh/ilustrasi, c) penekanan, d) cara mengorganisir, e) balikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian deskriftif dimaksud untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “apa adanya” tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Lokasi penelitian ini di SMA Budhi Luhur Pekanbaru, yaitu sebanyak 20 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, pengumpulan data dan interpretasi data, dapat disimpulkan sebagai berikut: tentang keterampilan menjelaskan guru dilihat dari kejelasan 81,25%, penggunaan contoh/ilustrasi 80,93%, penekanan 80,5%, cara mengorganisir 83,5%, balikan 84,5%. Kata Kunci : Keterampilan Menjelaskan Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorTity, Hastutiperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorAkhmad, Suyonoperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 05 Apr 2018 14:56
Last Modified: 05 Apr 2018 14:56
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item