Pengaruh Motivasi Sebagai Moderator terhadap Hubungan antara Pembelajaran dan Emosi dengan Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Bank Syariah di Riau

Rusby, Zulkifli (2016) Pengaruh Motivasi Sebagai Moderator terhadap Hubungan antara Pembelajaran dan Emosi dengan Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Bank Syariah di Riau. Jurnal Al-hikmah, 13 (2). pp. 128-152. ISSN 1412-5382

[img] Text
Pengaruh Motivasi Sebagai Moderator terhadap.pdf - Published Version

Download (275kB)

Abstract

Kompetensi organisasi dapat dijadikan kunci dalam keunggulan persaingan. Tanpa adanya kompetensi akan mengakibatkan penerapan strategi persaingan tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Penerapan kompetensi untuk keberhasilan sebuah organisasi banyak merujuk hasil penelitian tentang faktor yang mempengaruhi. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi sumber daya manusia pada bank syariah di Riau. Secara khusus penelitian ini memiliki empat tujuan utama. Pertama, untuk mengetahui tingkat kompetensi, pembelajaran dan emosional staf bagian pemasaran dan layanan pelanggan di bank syariah Riau. Kedua, untuk mendeteksi pengaruh faktor pembelajaran, dan emosional terhadap kompetensi. Ketiga, untuk mendeteksi pengaruh emosional dan pembelajaran terhadap tingkat kompetensi yang disederhanakan oleh faktor motivasi. Keempat, untuk memeriksa faktor motivasi yang menyederhanakan hubungan antara kompetensi staf bank Syariah di Riau dengan pembelajaran dan emosional. Penelitian ini melibatkan 85 responden di Riau. Kuesioner didistribusikan kepada staf Bank Riau Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank Rakyat Syariah Indonesia, dan Bank Negara Syariah Indonesia. Kuesioner yang dikembalikan oleh responden dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil analisis regresi membuktikan bahwa variabel pembelajaran cukup kompeten menjelaskan varians kompetensi staf bank syariah, yaitu sebesar 6,6 persen secara signifikan, sedangkan variabel emosional cukup kompeten untuk menjelaskan varians kompetensi secara signifikan, yaitu sebesar 69.5 persen. Penelitian juga menemukan bahwa pembelajaran, dan emosional dapat mempengaruhi kompetensi secara signifikan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran, Emosi, Kompetensi, Bank Syariah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mia
Date Deposited: 07 Dec 2022 11:19
Last Modified: 07 Dec 2022 11:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item