Rusby, Zulkifli and Bakhri, Boy Syamsul and Rozi, Syahrul (2017) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu pada Wisma Graha Az-Zahra Pekanbaru. Jurnal Al-hikmah, 14 (2). pp. 222-241. ISSN 1412-5382
Text
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu pada Wisma Graha Az-Zahra Pekanbaru.pdf - Published Version Download (685kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Wisma Syariah Graha Az-Zahra Pekanbaru mengalami permasalahan terhadap jumlah tamu yang mengalami penurunan. Hal ini diduga terjadi karena belum optimalnya perusahaan dalam mempromosikan produk-produknya kepada masyarakat/pelanggan/tamu. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu pada Wisma Syariah Graha Az-Zahra Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu. Subjek penelitian ini adalah tamu yang menggunakan jasa penginapan. Sementara objek dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara simple random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi linear sederhana dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS for windows versi 17.0. Hasil penelitian ini diketahui bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu memiliki hubungan yang kuat, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 78,1%. Sedangkan hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu, ini diketahui dari t hitung sebesar 12,176. Kemudian terdapat besarnya kontribusi antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu, diketahui dengan nilai koefisien determinasi sebesar 60,9%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa bauran promosi terhadap peningkatan jumlah tamu pada Wisma Syariah Graha Az-Zahra Pekanbaru sangat berpengaruh.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Promosi, Peningkatan Jumlah Tamu, Wisma Syariah. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 09:50 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 09:50 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/17965 |
Actions (login required)
View Item |