PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL BAHASA INDONESIA FKIP UIR SE-KABUPATEN SIAK TAHUN AJARAN 2018/2019

MULYATI, SRI (2019) PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL BAHASA INDONESIA FKIP UIR SE-KABUPATEN SIAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
156210921.pdf - Submitted Version

Download (609kB) | Preview

Abstract

Persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PPL bahasa Indonesia FKIP UIR sebagai calon pendidik dan pengajar di sekolah. Penelitian ini mengkaji tentang persepsi gurupamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL.Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia.Masalah penelitian ini yaitubagaimanakah persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar dalam kegiatan membuka pelajaran, kegiatan inti pelajaran, dan kegiatan menutup pelajaran pada mahasiswa PPL bahasa Indonesia FKIP UIR se-Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasi persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL FKIP UIR seKabupaten Siak Tahun Ajaran 2018/2019 dalam kegiatan membuka pelajaran, kegiatan inti pelajaran, dan kegiatan menutup pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,pendekatanyang digunakan adalah pendekatan kuantatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya mengunakan teknik penyebaran angket. Dalam menganalisis data penulis menggunakan beberapa teori yang relevan yaitu Slameto (2003),Jalaluddin (2011),Ali (2010),Sardiman (2012), danUsman (2013). Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel penuh atau sampel total, atau keseluruhan populasi ditetapkan menjadi sampel yaitu 10 orang guru pamong bahasa Indonesia se-Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL dalam kegiatan membuka pelajaran berkategori baik dengan persentase (63,6%)hipotesis ditolak, kegiatan inti pelajaran berkategori baik dengan persentase (63,4%) hipotesis ditolak, dan kegiatan menutup pelajaran berkategori baik (81,9%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: , Guru Pamong, Kemampuan Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Novri
Date Deposited: 03 Jun 2020 08:15
Last Modified: 03 Jun 2020 08:15
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item