Sudarti, Iris (2022) Variasi Mengajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Oleh Guru Bahasa Indonesia Di SMAN Se-Kecamatan Bengkalis. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
166210231.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Kebosanan pada dasarnya keadaan yang tidak ingin dialami setiap orang dalam kehidupan ini.Perasaan bosan tidaklah menyenangkan bagi siapa saja. Kalau setiap hari kita memakan makanan yang sama terus menerus yang akhirnya nanti akan berujung pada kebosanan.Demikian juga pada dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan dalam proses pembelajaran menggunakan variasi mengajar dan tidak menoton dalam proses pembelajaran.Hal ini diharapkan agar siswa tidak menjadi bosan, lebih perhatian, tidak mengantuk dalam proses pembelajaran sehingga nantinya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.Proses pembelajaran terjadinya variasi mengajar guru dapat ditunjukkan dengan adanya perubahan gaya mengajar, media yang digunakan berganti-ganti, dan ada perubahan dalam pola interaksi antara guru-siwa, siswaguru, dan siswa-siswa. Penggunaan variasi dalam mengajar ditujukan kepada perhatian siswa, motivasi dan belajar siswa. Tujuan peneltian adalah untuk mendeskripsikan,dan menganalisis interpretasi variasi pembelajaran yang telah dikembangkan oleh guru. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berkaitan dengan variasi mengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia oleh guru SMAN Se- Kecamatan Bengkalis.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif persentase dengan cara menghitung nilai responden dan masing-masing aspek atau sub variable, merekap nilai, dan menghitung nilai rata- rata. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata tingkat variasi dalam melakukan perubahan adalah 82.3 persen, berada pada tingkat kategori baik. Kemampuan guru dalam memusatkan perhatian dalam menyampaikan materi berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 87 persen. kemampuan guru dalam membuat kesenyapan sejenak dalam menyampaikan materi berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 84,7 persen. Kemampuan guru mengadakan kotak dalam menyampaikan materi berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 86,5 persen, kemampuan guru melakukan gerakan badan dan mimik dalam menyampaikan materi berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 83,3 persen, kemampuan guru melakukan gerakan badan dan mimik dalam menyampaikan materi berada pada kategori baik dengan nilai ratarata 86,1 persen, kemampuan guru dalam menggunakan media audio dalam menyampaikan materi berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 66,8 persen, kemampuan guru menggunakan media audio visual dalam menyampaikan materi berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 70,0 persen. kemampuan guru menggunakan pola interaksi dalam menyampaikan materi berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 71,7 persen, kemampuan guru vii menggunakan variasi kegiatan dalam menyampaikan materi berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,3 persen. Dapat disimpulkan variasi mengajar bahasa Indonesia di SMAN Se-Kecamatan Bengkalis berada pada kategori baik. Sehingga hipotesis dapat diterima. Kata Kunci : Variasi Mengajar, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Variasi Mengajar, Bahasa Indonesia | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||
Depositing User: | Mohamad Habib Junaidi | ||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2022 09:13 | ||||||
Last Modified: | 19 Oct 2022 09:13 | ||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/16565 |
Actions (login required)
View Item |