Pengaruh Pengetahuan Awal, Minat Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2017 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau

Tinambunan, Eliakim (2022) Pengaruh Pengetahuan Awal, Minat Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2017 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
176811091.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

PENGARUH PENGETAHUAN AWAL, MINAT DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2017 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM RIAU Eliakim Tinambunan 176811091 eliakimtinambunan42@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis data yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel bebas (pengaruh pengetahuan awal, minat dan lingkungan belajar) dengan prestasi belajar analisis laporan keuangan secara terpisah maupun serentak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2017, karena dalam penelitian ini terdapat 44 subjek penelitian maka populasi penelitian juga merupakan sampel penelitian atau disebut juga dengan population sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Berdasarkan penelitian analisis data pada sampel mengenai Pengaruh Pengetahuan Awal, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar diperoleh bahwa variabel pengetahuan awal, minat belajar dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar, hal ini diketahui dari sig pada uji simultan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel pengetahuan awal, minat belajar dan lingkungan belajar terhadap variabel prestasi belajar yaitu sebesar 0,521 atau dalam persentase yaitu sebesar 52,1% bahwa pengetahuan awal, minat belajar dan lingkungan belajar mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2017. Sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Awal, Minat dan Lingkungan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
> Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Hidayat Romi UNILAK
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:21
Last Modified: 07 Sep 2022 03:21
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item