PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X-4 SMAN 1 SIAK HULU

Zetriuslita, Zetriuslita and Syafarudin, Syafarudin (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X-4 SMAN 1 SIAK HULU. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 10 November 2012, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
prosiding4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajajan matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X pada tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 39 orang dengan kemampuan heterogen. Pengambilan data berlangsung dari 14 September 2011 sampai 05 Oktober 2011 yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar matematika pada akhir siklus dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa, jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM mengalami peningkatan pada UH I dan UH II dari skor dasar. Persentase ketuntasan pada skor dasar adalah 33,33%, pada UH I adalah 51,28% dan pada UH II adalah 66,67%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X-4 SMAN 1 Siak Hulu tahun ajaran 2011/2012 khususnya pada materi persamaan kuadrat

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Adm PerpusUIR
Date Deposited: 17 Oct 2019 08:25
Last Modified: 17 Oct 2019 08:25
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item