Adella, Neilandia (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) di Kelas XI Mipa 4 Sma Negeri 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Sendratasik.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (174kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Judul Penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Di Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Rumusan masalah pada penelititian ini yaitu Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Di Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Atma Murni (2009:19) Model STAD (Student Team Achievment Division) dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di universitas john Hopkin, dan merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam hal ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dan 7 kali pertemuan. Untuk menganalisis data penelitian penulis menggunakan teknik kuantitatif guna untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru dalam mengidentifikasi seni tari Nusantara dan memperagakan gerak tari Nusantara. Aktivitas lembar guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil analisis data siklus I mendapat nilai rata-rata 75,94 dengan kategori Cukup. Dan pada sklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 84 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (tari Saman) di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2018 14:42 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2018 14:42 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/133 |
Actions (login required)
View Item |