Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMP Negeri 18 Pekanbaru

Syarbaini, Syarbaini (2017) Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMP Negeri 18 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
126611030.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan, mata pelajaran penjas di SMP Negeri 18 Pekanbaru masih kurang diminati oleh para siswa. Hal ini dapat dilihat ketika para siswa melakukan kegiatan pembelajaran khususnya di lapangan, masih banyak siswa yang tidak fokus dan bermain – main mengikuti kegiatan belajar. Metode pembelajaran yang dilakukan guru cenderung lebih banyak menggunakan metode ceramah. Dari segi sarana prasarana, para siswa melakukan kegiatan pembelajaran olahraga pada lapangan terbuka. Sementara untuk peralatan penunjang seperti bola besar tidak cukup memadai. Sehingga siswa lebih banyak menunggu giliran untuk melakukan gerakan. Sedangkan cabang atletik siswa cenderung mnggunakan alat seadanya maupun modifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani Di SMP Negeri 18 Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 18 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dari semua indikator motivasi yang ada dapat diketahui bahwa rata-rata motivasi siswa tergolong kuat dengan nilai rata-rata sebesar 74. 50% yang terletak pada rentang 60-75% pada kriteria penilaian dengan kategori cukup baik. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan olahraga di SMP Negeri 18 Pekanbaru yang dilihat dari rata-rata dari semua indikator tergolong cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Penjaskesrek
> Penjaskesrek
Depositing User: Mia
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:57
Last Modified: 02 Aug 2022 03:57
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/13195

Actions (login required)

View Item View Item