Pengaruh Self Efficacy terhadap Prestasi belajar Seni Budaya (Tari) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Hilir T.A 2017/2018

Siti, Khotimah (2018) Pengaruh Self Efficacy terhadap Prestasi belajar Seni Budaya (Tari) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Hilir T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Sendratasik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar siswa. Menurut Bandura (dalam Gufron dan Risnawita, 2016:75),mengatakan bahwa self efficacy adalah hasil dari proses kognitif berupa keputusan keyakinan, atau pengharapan tentang sejauh mana individu memperkirakan kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas atau tindakan tertentu yang diperlukan untuk mencapai hasil diinginkan. Menurut Suryabrata (2006) prestasi belajar adalah hasil belajar terakhir yang dicapai oleh siswa dalam jangka waktu tertentu, yang mana di sekolah prestasi siswa biasanya dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol tertentu.Data penelitian diperoleh dari 139 siswa Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP UIR dengan teknik pengambilan data cluster proportinate random sampling. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis bantuan program SPSS versi 23.00. Data Prestasi Belajar menggunakan alat ukur rata-rata nilai akhir siswa pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari). Self efficacy di ukur dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa self efficacy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, besarnya pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0,107. Dengan demikian diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, terutama dengan menguji pada variabel yang sama namun di mata pelajaran yang berbeda. Kata kunci : Self Efficacy, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorDewi, Susantiperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorIdawati, Idawatiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 19 Mar 2018 15:03
Last Modified: 19 Mar 2018 15:03
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item