Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun Ajaran 2019/2020

Novia, Novia (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun Ajaran 2019/2020. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
166410701.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD berdasarkan PBL untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Matematis peserta didik Kelas X SMAN 3 Tualang sesuai dengan kurikulum 2013. Dan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 3 Tualang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 32 peserta didik dengan karakteristik dan kemampuan yang heterogen. Bentuk penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Pengembangan atau lebih dikenal dengan Reseach and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan Research and Development (R&D) seperti: (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validitas Desain (5) Perbaikan Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Masal. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD berdasarkan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik dalam memecahkan suatu permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Validasi Dosen dan Pendidik Matematika di SMAN 3 Tualang, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria cukup valid dengan rata-rata total skor 74,83% untuk RPP dan 77,59% untuk LKPD dengan kriteria cukup valid.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorZetriuslita, ZetriuslitaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Mia
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:46
Last Modified: 16 Jun 2022 04:46
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11423

Actions (login required)

View Item View Item