Membentuk Karakter Positif Melalui Pendidikan Jasmani Dan Olahraga

Winarno, M.E (2017) Membentuk Karakter Positif Melalui Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Prosiding Seminar Nasional Olahraga 2017. pp. 9-24. ISSN 978-602-71800-3-1

[img]
Preview
Text
Membentuk Karakter Positif Melalui Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani dan olahraga memiliki peran penting dan andil besar dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional yang menunjang pendidikan karakter bangsa. Aktivitas fisik (jasmani) akan berhasil apabila dilakukan berdasarkan prinsip yang benar, memiliki isi, strategi yang digunakan tepat, dan dilakukan evaluasi secara tepat. Keberhasilan tersebut akan lebih tinggi apabila dilakukan selaras dengan teori belajar gerak yang meliputi tiga tahapan: (1) kognisi, (2) asosiasi, dan (3) otomatisasi. Pembentukan karakter berada pada tahap asosiasi; peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan fisik sebanyak mungkin melalui permainan dan olahraga, sehingga karakternya akan terbentuk. Pendidikan karakter adalah proses pengembangan nilai untuk mewujudkan manusia berkarakter baik. Berkarakter artinya berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia berkarakter baik dinyatakan dengan hidup berperilaku benar dalam hubungannya dengan Tuhan, sesama manusia, alam lingkungan, dan dengan diri sendiri. Pengembangan karakter menjadi bagian penting yang harus dikembangkan dan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan. Tujuan pendidikan karakter pada dasarnya mewujudkan peserta didik yang berperilaku baik (berkarakter positif). Tumbuh dan berkembangnya perilaku baik akan mendorong peserta didik mengaktualisasikan dirinya secara baik, benar dan bertujuan ke arah kemaslahatan kehidupannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter Positif, Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Divisions: NONE
Depositing User: Admin Adm PerpusUIR
Date Deposited: 13 Feb 2019 12:23
Last Modified: 13 Feb 2019 12:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item