Model Administrasi Pribumi Masyarakat Adat Melayu Petalangan Di Desa Sialang Godang Kabupaten Pelalawan Riau

Yusa, Ahmad Tarmizi and Kurniawan, Andri (2017) Model Administrasi Pribumi Masyarakat Adat Melayu Petalangan Di Desa Sialang Godang Kabupaten Pelalawan Riau. In: Seminar Nasional “Mitigasi Dan Strategi Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Di Indonesia”, 24-25 Februari.

[img] Text
2. Model Administrasi Pribumi Masyarakat Adat Melayu Petalangan Di Desa Sialang Godang Kabupaten Pelalawan Riau.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Berubahnya kebiasaan hidup masyarakat di Indonesia memaknai globalisasi, modernisasi dan westernisasi telah membentuk suatu jaringan ketergantungan sosial dalam paradigma administrasi pembangunan dan ekonomi pembangunan. Refleksi yang didorong oleh stimulus ekonomi telah mengamcam keutuhan system dalam bingkai NKRI, akibat dari ekspansi besar-besaran negara maju terhadap negara yang sedang berkembang yang telah menjadikan negara yang sedang membangun bagian dari objek mencari kejayaan dan kekayaan.Muatan yang ingin dilakukan melaui kebijakan-kebijakan Penswastaan yang mengharuskan kekuasaan berkolaborasi dengan pejabat pemerintah tanpa ada efektifitas yang konstruktif didalam mewujudkan kesejahteraan bagi pembangunan masyarakat. Umpan balik yang ditunjukan didalam sinergitas Goverment to Government dan Government to Private telah membentuk suatu jaringan ketergantungan ekonomi dan sosial, dimana penghasil barang mentah mengisi kekuatan industrialisasi untuk bermain peran di dalam menjaga wibawa kapitalisasi dan mengkerdilkan kekuatan sumber daya lokal. Sehingga, melahirkan budaya masyarakat progresif modern yang melupakan nilai-nilai kearifan local. Keadaan ini menjadikan nilai-nilai kearifan local menjadi berkurang, dimana keinginan untuk merusak dengan muatan nilai ekonomi yang tinggi menjadikan NKRI sebagai objek simbiosis mutual respek dan understanding terhadap kebutuhan-kebutuhan Kapitalisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kearifan local dan administrasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: > Ilmu Administrasi S.2
Depositing User: Mia
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:03
Last Modified: 10 Oct 2022 09:52
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item