Hubungan Cara Belajar dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Yusuf, Romadhon (2018) Hubungan Cara Belajar dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cara belajar dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar biologi berdasarkan kemampuan akademik siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 152 orang siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akademik tinggi, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang sedang (0,567). Pada akademik sedang, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang rendah (0,343). Pada akademik rendah, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang sedang (0,409). Untuk nilai uji signifikan didapatkan bahwa pada akademik tinggi, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (4,34) > tabel (2,02). Pada akademik sedang, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,94) > tabel (1,99). Pada akademik rendah, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,82) > tabel (2,02). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar biologi berdasarkan kemampuan akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Cara Belajar,Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSri, Amnahperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorTengku, Idrisperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:22
Last Modified: 25 May 2018 10:22
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item