Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Antara Kelas yang Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Make A Match dengan Menggunakan Handout Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Rizka, Amalia (2018) Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Antara Kelas yang Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Make A Match dengan Menggunakan Handout Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif biologi siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan menggunakan handout pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan uji homogenitas dari nilai pre-test. Dua kelas yang homogen kemudian dipilih secara pengundian untuk menentukan kelas eksperimen X1 dan eksperimen X2, maka terpilih kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen X1 (Think Pair Share) dan kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen X2 (Make A Match). Dari analisa data uji-t diketahui bahwa Thitung (3,99) > Ttabel (1,67) dengan dk = 65 dan taraf α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar post-test siswa, kelas eksperimen X1 Think Pair Share (VIII7) = 88,64 dan kelas eksperimen X2 Make A Match (VIII8) = 83,69. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ) dan Make A Match dengan menggunakan Handout pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Model Pembelajaran Make A Match, Handout.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSri, Amnah[email protected]
SponsorMelisa, Melisa[email protected]
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:21
Last Modified: 25 May 2018 10:21
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item