Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII.4 SMPN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2016/2017

Jefri, Jefri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII.4 SMPN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas VII.4 SMAN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan menggunakan media gambar. Subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas VII.4 SMPN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah 24 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Rata-rata siswa di kelas VII.4 SMPN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah (kategori 75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Sebelum PTK nilai daya serap siswa untuk nilai kognitif diperoleh sebesar 37.5%, setelah Siklus I diperoleh sebesar 79.17%, dan pada siklus II diperoleh sebesar 87.5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media bergambar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas VII.4 SMPN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh sebab itu, guru Biologi dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Biologi siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Media Gambar, dan Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorIbnu, Hajarperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorMelisa, Melisaperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:19
Last Modified: 25 May 2018 10:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item