Peran Guru Membimbing Siswa Menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru

Yudi, Nuryanto (2018) Peran Guru Membimbing Siswa Menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Belakangan ini minat menghafal Al-Qur’an di kalangan umat Islam sudah semakin di minati akan tetapi di kalangan siswa minat menghafal Al-Qur’an masih kurang di minati. Faktor penyebab siswa kurang berminat dalam menghafal Al-Qur’an bisa timbul dari dalam dirinya sendiri (internal), karena perasaan jenuh, bosan dan sebagainya. Kurang berminat dalam menghafal Al-Qur’an juga bisa timbul dari luar dirinya sendiri (external), karena faktor lingkungan keluarga dan faktor ekonomi. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih ada sebagian siswa yang kurang berminat menghafal Al-Qur’an sedangkan guru selalu memberikan motivasi kepada siswa agar mau menghafal Al-Qur’an, masih ada sebagian siswa yang suka lupa dengan hafalan Al-Qur’annya sedangkan guru sudah menyuruh kepada siswa untuk mengulang-ulang di rumah, siswa kurang fokus dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan rumusan masalah, bagaimana peran guru membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, objek penelitian peran guru membimbing siswa menghafal Al-Qur’an Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Populasi dan sampel berjumlah 11 orang guru. Untuk memperoleh data tersebut maka penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu editing, koding, tabulasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan setelah dianalisa maka penelitian ini diperoleh rata-rata jawaban responden adalah 92,07% berada pada interval 75%-100% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan peran guru membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru tergolong baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorMawardi, Ahmadperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorMiftah, Syarifperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 10:02
Last Modified: 21 May 2018 10:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item