Shara, Nayuan (2021) Analisis Penerapan Akuntansi Keuangan Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-bukhari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
NAYUAN SHARA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Bukhari Kota Pekanbaru. Latar belakang dari penelitian ini adalah penerapan proses akuntansi madrasah yang sederhana. Proses akuntansi yang dilakukan terdiri dari pencatatan kas harian, membuat laporan laba rugi, neraca dan laporan aset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan akuntansi keuangan pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Bukhari dengan prinsip akuntansi berterima umum. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif sehingga penelitian mampu menghasilkan uraian atau penjelasan secara mendalam berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari hasil analisis perbandingan sesuai teori. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi langsung dari informan Madrasah Ibtidaiyah Al-Bukhari. Analisis data menggunakan metode deskriptif dimana data yang telah dikumpulkan akan dibandingkan dengan teori yang relevan sesuai permasalah yang kemudian diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa proses akuntansi di madrasah belum lengkap dan masih sangat sederhana. Madrasah tidak membuat jurnal, buku besar, jurnal penyesuaian, neraca saldo, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan akuntansi pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Bukhari belum sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum. Kata kunci: Akuntansi, Penerapan Akuntansi, Madrasah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi, Penerapan Akuntansi, Madrasah |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | > Akuntansi S.1 |
Depositing User: | Febby Amelia |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 08:09 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 08:09 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5864 |
Actions (login required)
View Item |