Safitri, Yuli (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Rakyat Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti mengkaitkan permainan Statak, Galah panjang dan Guli ke dalam matematika. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar SDN 19 Mandau yang teruji kelayakannya. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan modifikasi Plomp sehingga menjadi beberapa fase yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) konstruksi; (4) tes, evaluasi dan revisi. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas IV SDN 019 Mandau dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LAS, serta angket kepraktisan RPP (respon guru), angket kepraktisan LAS (respon siswa), dan angket kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji validitas RPP sebesar 76,27% dengan kriteria cukup valid dan LAS sebesar 73,38% dengan kriteria cukup valid. Hasil uji kepraktisan RPP sebesar 83,33% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket RPP (respon guru), sedangkan kepraktisan LAS sebesar 88,03% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket LAS (respon siswa), dan angket kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,71% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket pengamat keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan rakyat melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar yang teruji kelayakannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Permainan Melayu Riau. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:25 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:25 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4788 |
Actions (login required)
View Item |