Puspita, Venti Audina (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Cerita Rakyat Melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis cerita rakyat melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar yang teruji validitas dan kepraktisannya. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian menggunakan metode pengembangan R&D dengan model pengembangan modifikasi Plomp yaitu: (1)investigasi awal; (2)desain; (3)konstruksi; (4)tes, evaluasi dan revisi. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi RPP dan LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari 1 ahli matematika, 1 dosen matematika FKIP UIR, 1 guru matematika, data angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data validasi dan data kepraktisan. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas Vb SDN 017 Sencalang dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validitas RPP 85,04% dengan kriteria sangat valid dan LAS 85,22% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan RPP 83,33% dengan kriteria cukup praktis yang diperoleh dari angket respon guru, kepraktisan LAS 80,74% dengan kriteria cukup praktis yang diperoleh dari angket respon siswa, dan kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran 95,13% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket pengamat keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis cerita rakyat melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar yang teruji validitas dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, Cerita rakyat melayu Riau, PMR |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:44 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:44 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4784 |
Actions (login required)
View Item |