Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas Viii A4 MTS Darul Hikmah Pekanbaru

Anggraini, Tiara (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas Viii A4 MTS Darul Hikmah Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah di kelas VIII A4 MTs Darul Hikmah Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 pada Kompetensi Dasar Relasi dan Fungsi. Subjek penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik dengan 36 orang peserta didik perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif naratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis nilai rata-rata, untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIIIA4 MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Hal tersebut juga terlihat pada analisis rata-rata hasil belajar peserta didik pada skor dasar, ulangan harian I dan ulangan harian II. Dimana nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada skor dasar adalah 44,4% sedangkan pada ulangan harian I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 55,5% serta pada ulangan harian II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 72,2%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas VIIIA4 MTs Darul Hikmah Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:43
Last Modified: 06 Dec 2021 01:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4778

Actions (login required)

View Item View Item