Yanti, Tari Dwi (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya melayu Riau dengan pendekatan matematika realistik (PMR) yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis budaya melayu Riau dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Pengembangan perangkat pembelajaraan dalam penelitian menggunakan model modifikasi R&D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu, (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi disain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) produk akhir. Validator perangkat pembelajaran ini terdiri dari tiga orang dosen matematika FKIP UIR dan satu guru matematika. Uji coba dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 002 Simpang Tiga Teluk Kuantan dengan jumlah peserta didik 29 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik, angket respon guru dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh dengan tingkat kevalidan RPP sebesar 83,47% dengan kriteria kevalidan cukup valid, dan hasil validasi LKPD sebesar 82,00% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Hasil kepraktisan respon peserta didik sebesar 86,39 % dengan kriteria kevalidan sangat praktis, kepraktisan respon guru sebesar 87,50% dengan kriteria kevalidan sangat praktis, dan kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89,23% dengan kriteria kevalidan sangat praktis. Hasil penelitian dan pembahasan telah dihasilkan perangkat pembelajaran berbasis budaya melayu Riau dengan pendekatan matematika realistik (PMR) di Sekolah Dasar teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Melayu Riau, Pendekatan Matematika Realistik (PMR) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:43 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4774 |
Actions (login required)
View Item |