Natasia, Diana (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (624kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (359kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan mulai tanggal 3 Maret 2018 sampai 31 Maret 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol dan VII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes gaya kognitif GEFT (Group Embredded Figure Test), tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran, serta perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data ini menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 24 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu; (2)Tidak terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif Field Independent; (3)Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif Field dependent. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan pembelajaran Visual Thinking, gaya kognitif Field Independent, gaya kognitif Field dependent, Kemampuan berpikir kritis matematis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:40 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:40 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4700 |
Actions (login required)
View Item |