Ikhsan, Muhammad (2018) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Snowball Trhowing untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 3 SMA N 1 Taluk Kuantan Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X MIPA SMA N 1 Taluk kuantan. Guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik dan monoton sehingga membuat siswa merasa cepat bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan pembelajaran yang menarik untuk membuat siswa aktif dan tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tife snowball throwing. Metode ini menggunakan metode tindakan kelas. Adapun penelitian ini menggunakn dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Taluk kuantan pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Dilaksanakan pada tanggal 19 Maret sampai 26 April, teknik pengumpulan data antara lain teknik tes hasil belajar, teknik pengamatan dan teknik dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi. Hal ini didasarkan pada tes hasil belajar dan pengamatan. Persentase ulangan harian sebelum tindakan sebesar 41,66% setelah melakukan tindakan menglami peningkatan rata-rata ulangan harian pada siklus 1 persentase ketuntasan hasil belajar yaitu sebesar 77,78 % dan naik pada siklus 2 yaitu 94,4 %. Dan untuk aktivitas belajar juga mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus 1 yaitu sebesar 75,25 % dan naik pada siklus yaitu 87,28 %. Dari analisis hasil belajar dan aktifitas belajar dapat di tarik kesimpulan bahwa pelaksanaan model pembeajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Taluk Kuantan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, Pembelajaran kooperatif, Tipe snowball throwinng |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 01:21 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 01:21 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4629 |
Actions (login required)
View Item |