Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 2 Selatpanjang Tahun Ajaran 2016/2017

Rahmadi, Bayu (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 2 Selatpanjang Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-1 SMAN 2 Selatpanjang tahun ajaran 2016/2017 dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan 13 Maret 2017 sampai 13 April 2017 yang berjumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Parameter yang ukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif tentang hasil belajar siswa dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 9 kali pertemuan. Diperoleh daya serap untuk nilai kognitif sebelum PTK adalah (43,75%), setelah PTK siklus I daya serap (80,28%) meningkat (36,53%) dari sebelum PTK dan pada siklus II daya serap siswa adalah (87,57%) meningkat (7,29%) dari siklus I. Ketuntasan klasikal nilai kogntif sebelum PTK adalah (40,62%) siklus I (78,12%) meningkat (37,5) dari sebelum PTK dan siklus II (100%) meningkat (21,88%) dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-1 SMAN 2 Selatpanjang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, jigsaw II, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:44
Last Modified: 19 Nov 2021 07:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item