Pengembangan Variasi Mengajar Bahasa Indonesia Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri SeKecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu

Purhayati, Purhayati (2018) Pengembangan Variasi Mengajar Bahasa Indonesia Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri SeKecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar tidak terlepas dari variasi yang dilakukan oleh guru. Keterampilan mengadakan variasi merupakan keterampilan mengajar yang ditentukan oleh pengetahuan dan kreativitas guru. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah variasi mengajar Bahasa Indonesia yang digunakan oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan variasi mengajar Bahasa Indonesia yang digunakan oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai variasi mengajar yang dikemukakan oleh (1) Djamarah dan Zain (2013), (2) Majid (2013) dan (3) Usman (2013). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu, sampel dalam penelitian adalah guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu berjumlah 3 orang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitan adalah penelitian lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan variasi mengajar bahasa Indonesia oleh guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu mempunyai persentase 68,3% berkatagori cukup baik dengan rentang nilai (55%-70%) hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Variasi Mengajar, Guru Bahasa Indonesia.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:40
Last Modified: 10 Nov 2021 02:40
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4166

Actions (login required)

View Item View Item