Lulu, Ilmaknun A.M (2018) Persepsi Mapala Fasipik UIR Terhadap Program Acara My Trip My Adventure di Trans Tv. Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (161kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan informasi saat ini bisa didapat melalui media televisi. Di televisi terdapat beragam jenis program tayangan, salah satunya adalah program dengan tema perjalanan dan petualangan yaitu program acara My Trip My Adventure yang ditayangkan di Trans Tv. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Mapala Fasipik terhadap program acara My Trip My Adventure di Trans Tv dan juga bertujuan untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mempengaruhi persepsi terhadap program acara My Trip My Adventure. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti mengambil informan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, masing-masing informan telah bersedia untuk diwawancarai dan diminta keterangan sesuai dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu tiap informan memberikan persepsi atau sudut pandang terhadap tayangan My Trip My Adventure, hasil dari wawancara tersebut yaitu dapat dilihat dari Objek wisata yang ditayangkan, Karakter acara My Trip My Adventure terhadap tema acara, Pembawa acara My Trip My Adventure, Informasi tentang keindahan alam dan keunikan budaya yang ada di Indonesia, dan bertambahnya minat berpetualang dari anak Mapala Fasipik. Adapun faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut yaitu perhatian, fungsional dan struktural. Perhatian berdasar kepada hal-hal yang bersifat kebaruan yang menyebabkan perhatian, dalam hal ini lebih kepada informasi baru tentang lokasi wisata yang ditayangkan. Untuk fungsional mengemukakan pendapat bahwa tayangan tersebut membantu dalam pemenuhan kebutuhan akan informasi wisata yang ada, baik dalam bentuk informasi lokasi yang belum banyak dikunjungi maupun yang banyak orang tahu. Untuk struktural, dengan pemilihan pembawa acara yang tepat sesuai dengan program acara ini memudahkan penontonnya dalam menyampaikan informasi. Kata Kunci : Persepsi, Program Acara, Televisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications | |||||||||
Divisions: | > Ilmu Komunikasi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2018 13:58 | |||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2018 13:58 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/384 |
Actions (login required)
View Item |