Sari, Wahyu Widya (2018) Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Xii Ips 1 Sma Negeri 11 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (285kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (360kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (292kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (310kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (374kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (392kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (287kB) |
Abstract
Pemahaman belajar siswa merupakan suatu masalah yang harus diperhatikan oleh guru dan pihak sekolah. Hal ini dikarenakan setiap siswa harus dapat memahami apa yang ia pelajari, karna tanpa memahami suatu membelajaran, maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal dan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Di SMA Negeri 11 Pekanbaru ada sebagian siswa memiliki pemahaman belajar yang masi rendah, hal ini perlu diperhatikan serta dicari solusinya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 11 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 11 Pekanbaru. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui bahwa pemahaman belajar siswa sebelum menggunakan metode cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) berada pada kategori rendah dengan persentasi sebesar 19%. Setelah menggunakan metode cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus pertama, pemahaman belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentasi 33%, dikarenakan nilai yang dicapai belum sesuai dengan hasil yang diinginkan dan terdapat beberapa kelemahan, maka dilanjutkan dengan siklus kedua. Pada siklus ini, pemahaman belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan persentasi 84,6%. Dikarenakan nilai yang diperoleh mencapai hasil yang diinginkan, maka siklus tidak dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Jadi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 11 Pekanbaru dan termasuk kedalam kategori “sangat tinggi”. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi sebesar 84,6%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3466 |
Actions (login required)
View Item |