Penerapan Metode Cooperative Lerning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn 1 Siak Kecil

Haryani, Siti (2018) Penerapan Metode Cooperative Lerning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn 1 Siak Kecil. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (313kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (422kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (409kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (366kB)

Abstract

Rendahnya kepercaaan diri peserta didik merupakan suatu problema yang perlu diperhatikan oleh setiap satuan pendidikan. Disebabkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran menjadi tolak ukur bagi keberhasilan dan tercapainya tujuan pendidikan. Di SMPN 1 Siak Kecil ada sebagian siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Rendahnya kepercayaan diri peserta didik dapat dilihat bahwa sebagian siswa memilih untuk tidak menjawab karena takut dipermalukan. Selain itu siswa tidak berani karena tidak yakin dengan jawaban yang dikemukan. Maka perlu melakukan penelitian. Penulis berasumsi bahwa Model Jigsaw yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun rumusan masalah pada peneltian ini adalah apakah penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Siak Kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik pada pembelajaran PAI kelas IX 3 di SMPN 1 Siak Kecil. Adapun jenis penelitian ini PTK dilakukan selama 2 siklus dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan siklus pertama dan kedua diketahui bahwa kepercayaan diri peserta didik sebelum menggunakan model berada pada kategori rendah. Setelah menggunakan model pada siklus pertama, mengalami peningkatan yakni berada pada kategori tinggi. Kemudian peneliti melanjutkan dengan siklus kedua mengalami peningkatan yakni pada kategori sangat tinggi Setelah dianalisa maka penelitian ini dapat diketahui bahwa kepercayaan diri peserta didik dengan menerapkan model jigsaw mengalami peningkatan dari kondisi awal yakni rendah dengan persentase 55,55%, siklus I kategori tinggi dengan persentase 61,74%, dan siklus II kategori sangat tinggi dengan persetase 84,64%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas IX 3 di SMPN 1 Siak Kecil termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase sebesar 84,64%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Kepercayaan Diri.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:17
Last Modified: 19 Oct 2021 02:17
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item