Mastira, Mastira (2018) Pengaruh Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mts Al-Qasimiyah Sorek I Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (231kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (309kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (239kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (323kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (490kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (491kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (211kB) |
Abstract
Kreativitas merupakan hal yang sangat penting karena memiliki peranan yang besar sehingga dapat menjadi solusi dari permasalahan. Dengan demikian, penanaman potensi kreatif ini harus ada sejak usia dini karena kreativitas menjadi penting sifatnya dalam menghadapi perubahan dan perkembangan saat ini. Oleh karena itu, salah satu untuk menamkan potensi kreatif adalah dengan adanya pemberian motivasi oleh guru. Dari hasil pengamatan awal di MTS Al-Qasimiyah Sorek I Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan ditemukan bahwa banyak siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah yaitu, materi hanya didapat dari guru, tidak memiliki buku paket yang telah diharuskan, minimnya keberadaan jumlah guru dalam mengatasi permasalahan siswa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh pemberian motivasi guru terhadap kreativitas belajar siswa MTS AlQasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, serta sampel penelitian ini sebanyak 79 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 20, maka diperoleh nilai probabilitas Sig. sebesar 0,000. Karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pemberian motivasi guru terhadap kreativitas belajar siswa di MTS Al-Qasimiyah Sorek I Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penyataan ini dibuktikan dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,381. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa dipengaruhi sebesar 38% oleh motivasi guru, sedangkan sisanya 62% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemberian motivasi guru terhadap kreativitas belajar siswa MTS Al-Qasimiyah Sorek I Kecamatan Pangakalan Kuras Kabupaten Pelalawan adalah Rendah. Hal ini karena 38% terdapat pada rentang 0,20-0,399 pada tabel koefisien korealasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Guru dan Kreativitas Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:34 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3419 |
Actions (login required)
View Item |