Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Terhadap Penggunaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Saputri, Alni Liana (2018) Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Terhadap Penggunaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (286kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (282kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (320kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pada penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran. Metode diskusi suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk membahas suatu masalah tertentu, dimana hasil dan pemecahan masalah tersebut didasarkan pada kesepakatan bersama. Sedangkan persepsi adalah cara pandang atau penilaian seseorang terhadap sesuatu setelah ia menerima stimulus dari luar melalui indra dan pengalamannya sehingga terjadi proses berfikir dan kemudian timbul menjadi sebuah pemahaman. Seharusnya dengan penggunaan metode diskusi dapat menghasilkan proses pembelajaran yang lebih baik. Namun kenyataannya, masih ada mahasiswa memiliki persepsi bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran belum berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: Sebagian dosen jarang menanyakan tentang pembelajaran yang telah lalu, sebagian dosen jarang mengendalikan mahasiswa yang terlalu banyak bicara, sebagian dosen jarang mengatasi ketegangan yang terjadi saat diskusi, sebagian dosen jarang meminta mahasiswa untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi, sebagian dosen jarang membuat penilaian terhadap pelaksanaan diskusi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Selanjutnya peneliti membatasi permasalahan penelitian, yaitu: Persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Tahun Akademik 2016/2017 terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Kemudian, untuk populasi dan sampel, peneliti mengambil 74% dari 134 orang mahasiswa Tahun Akademik 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau adalah “Baik”. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yang diperoleh yaitu 73,01%. Sesuai dengan standar yang telah ditetapkan bahwa prosentase 61%-80% berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Buku Bakhtiar, Nurhasanah, 2013, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Aswaja Pressindo, Yogyakarta. Daradjat, Zakiah, dkk., 2004, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Bumi Aksara, Jakarta. Departemen Agama RI, 2016, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Cordoba, Bandung. Desmita, 2011, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Gunawan, Heri, 2012, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Alfabeta, Bandung. Hamdayama, Jumanta, 2016, Metodologi Pengajaran, Bumi Aksara, Jakarta. Hasibuan, J.J dan Moedjiono, 2004, Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung. Janawi, 2013, Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran, Ombak, Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Amelia, Surabaya. Majid, Abdul, 2012, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. ___________, 2013, Strategi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Nasih, Ahmad Munjin dan Khilidah, Lilik Nur, 2009, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, PT Refika Aditama, Bandung. Rakhmat, Jalaluddin, 2011, Psikologi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Ramayulis, 2013, Profesi dan Etika Keguruan, Kalam Mulia, Jakarta. ________, 2010, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta. Safury, Rafi, 2009, Psikologi Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Sanjaya, Wina, 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media, Jakarta. Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta. Soleha dan Rada, 2011, Ilmu Pendidikan Islam, Alfabeta, Bandung. Sriyanti, Lilik, 2013, Psikologi Belajar, Ombak, Yogyakarta. Sudaryono, et. al., 2013, Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, Graha Ilmu, Yogyakarta. Sudjana, Nana, 2011, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung. Suharto, Toto, 2014, Filsafat Pendidikan Islam, AR-RUZZ MEDIA, Yogyakarta. Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta. Suryani, Nunuk dan Agung, Leo, 2012, Strategi Belajar Mengajar, Ombak (Anggota IKAPI), Yogyakarta. Tambak, Syahraini, 2014, Pendidikan Agama Islam, Graha Ilmu, Yogyakarta. _______________, 2014, 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam, Graha Ilmu, Yogyakarta. Tatang, 2012, Ilmu Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung. Taniredja, Tukiran, 2015, Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Alfabeta, Bandung. Skripsi Dermawan, 2014, Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru. Haryani, Nurselfi, 2014, Persepsi Mahasiswa Tentang Metode Mengajar Dosen Jurusan PAI di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau (Studi Kasus), Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau, Pekanbaru. Muslimah, Zuhriati, 2017, Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru, Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Uncontrolled Keywords: Persepsi dan Metode Diskusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:47
Last Modified: 18 Oct 2021 02:47
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item