Efendi, Afdal (2018) Hubungan Kemampun Guru Menggunakan Media Gambar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Bidang Pai Di Sdn 014 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (160kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (230kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (158kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (207kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (211kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (464kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (161kB) |
Abstract
Salah satu upaya guru meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan penggunaan media gambar yang tepat dalam menyampaikan pesan-pesannya. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SDN 014 Sukajadi Kota Pekanbaru masih banyak dijumpai guru didalam pembelajaran jarang menggunakan media. Media yang di gunakan guru terlalu sederhana jikalaupun menggunakan media, siswa kurang memahami cara belajar didalam penggunaan media gambar, siswa tidak mengerti tujuan media yang digunakan didalam pembelajaran. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah korelasi. Disebut penelitian korelasi karena dalam penelitian ini dibahas hubungan variabel yang satu dengan variabel yang lain yang nantinya akan memunculkan angka tingkat hubungan penggunaan media gambar di dalam pembelajaran dengan hasil belajar peserata didik bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 014 Sukajadi Kota Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 014 kelas VI yang berjumlah 65 siswa. Penelitian dilakukan dengan penyebaran angket kepada siswa sebagai alat pengumpul data, data yang di peroleh dari penelitan kemuudian diolah dengan microsoft excel dan program SPSS 20.0 (Statistic Package For Social Scienci). Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, diketahui bahwa ada hubungan kemampuan guru menggunakan media gambar dengan hasil belajar pendidikan agama islam di SDN 014 Sukadi Kota Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi = 0,001 < 0,05, dan tingkat hubungannya sebesar 0,821. Ini artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara kemampuan guru menggunakan media gambar dengan hasil belajar peserta didik dalam belajar pendidikan agama islam di SDN 014 Sukajadi Kota Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:46 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3362 |
Actions (login required)
View Item |