Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Menggunakan Handout pada Siswa Kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Arini, Widyawati (2017) Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Menggunakan Handout pada Siswa Kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi antara kelas yang menerapkan pembelajaran model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dengan kelas yang menrapkan model pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan Handoutpada siswa kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 pada materi sistem gerak pada manusia. Penelitian ini membandingkan hasil belajar dua kelas yaitu kelas eksperimen X1(TPS) dan kelas eksperimen X2(TTW). Populasi ini adalah siswa kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru. Sampel dipilih berdasarkan uji homogenitas dari nilai pre-test berupa nilai ulangan harian sebelumnya. Dua kelas yang homogen kemudian dipilih berdasarkan nilai rata-rata daya serapnya untuk menentukan kelas eksperimen X1 dan kelas eksperimen X2, maka terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen X1(TPS) dan kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen X2(TTW)Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara teknik tes. Berdasarkan analisa data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar PPK siswa kelas eksperimen X1 (TPS) = 89,75 dan siswa kelas eksperimen X2 (TTW) = 87,19 dan rata-rata nilai KI siswa kelas eksperimen X1 (TPS) = 87,58 dan siswa kelas eksperimen X2 (TTW) = 84,70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem gerak pada manusia memiliki perbedaan dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Data uji hipotesis diperoleh setelah diberikannya perlakuan, dimana kelas eksperimen X1 dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share sedangkan kelas eksperimen X2 dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Dari analisis data uji t diketahui thitung = 1,88< ttabel = 2,00. Maka H0 ditolak H1 diterima sehingga terjadi penerima hipotesis, yaitu ada perbedaan hasil belajar biologi antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan handout pada siswa kelas VIII SMPN 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Think Talk Write (TTW), Handout

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSri, Amnahperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorTengku, Idrisperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 17 Apr 2018 10:35
Last Modified: 17 Apr 2018 10:35
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item