Anggi, Cahyanti (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT (Power Point) Materi Simplisia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis IT (Power Point) pada materi Simplisia untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau Tahun Akademik 2017/2018 dengan menggunakan model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tahapan penelitian awal, tahap prototype, penilaian, dokumentasidan refleksi sistematis. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap prototipe (prototyping stage). Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan jumlah sampel 30 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau telah mengambil mata kuliah Tanaman Obat. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi oleh para ahli, yaitu ahli pembelajaran dan ahli media. Selain itu dilakukan juga uji kelayakan terbatas dengan menggunakan lembar validasi yang diujicobakan kepada mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan metode skala dengan modifikasi Likert. Hasil penelitian ini adalah berupa prototipe produk media pembelajaran power point dalam bentuk CD pada materi Simplisia. Hasil validasi gabungan oleh ahli pembelajaran dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran (power point) yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 91,53%. Media pembelajaran Tanaman Obat yang dikembangkan ini juga mendapat tanggapan sangat layak dari mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon mahasiswa dengan rata-rata persentase 94,16% (sangat layak). Berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh produk media pembelajaran Tanaman Obat dengan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Power Point, Simplisia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 14:39 | |||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 14:39 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/315 |
Actions (login required)
View Item |