Mandasari, Dwi Rizky (2017) Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X ADP SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (229kB) |
|
Text
DAFTAR ISI..pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (667kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (670kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (661kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (656kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X ADP SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru melalui penerapan model kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru pada tanggal 8 maret sampai 12 april 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X ADP SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Tahun ajaran 2016/2017. Yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 3 orang orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian, siklus kedua terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes akhir hasil belajar berupa ulangan harian pada setiap akhir siklus dan untuk melihat aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan lembar pengamatan. Sedangkan tes analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X ADP SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada siklus I dengan rata-rata 87 % dan ketuntasan klasikal 70 % meningkat pada siklus II dengan rata-rata 92,5 % dan ketuntasan secara klasikal sebesar 90 %. Peningkatan aktivitas guru pada siklus I dengan kriteria cukup sempurna dengan nilai 16,25 % dan meningkat pada siklus II dengan kriteria sempurna dengan nilai 21,75 %. Kemudian peningkatan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 58 % dan meningkat pada siklus II sebesar 80,5 %. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif leearning tipe make a match dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X ADP SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Aktivitas guru dan siswa, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3099 |
Actions (login required)
View Item |