Puri, Anas and Oktavia, Ferly and Mildawati, Roza (2018) Pengaruh Tahanan Ujung Tiang dan Faktor Aman Terhadap Lendutan Pelat Terpaku Tiang Tunggal Pada Lempung Lunak. In: 20th SEAGC–3rd AGSSEA Conference in conjuction with 22nd Annual Indonesian National Conference on Geotechnical Engineering, Jakarta–INDONESIA.
Text
P11-SEAGS Pengaruh tahanan ujung tiang.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Perkerasan Sistem Pelat Terpaku merupakan salah satu alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan konstruksi jalan yang melalui tanah lunak. Kenaikan kapasitas dukung tanah dasar akibat pengaruh dukungan tiang-tiang pada pelat akan mengurangi kebutuhan tebal perkerasan beton dan memperkaku sistem perkerasan. Kapasitas dukung tiang tersebut kontribusi dari tahanan ujung dan tahanan gesek. Lazimnya tahanan ujung diabaikan untuk tiang berada pada tanah lunak. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh tahanan ujung tiang dan faktor aman (SF)terhadap lendutan pelat terpaku tiang tunggal. Dimensi struktur pelat terpaku dan data material mengacu pada Puri (2017). Pelat terpaku tiang tunggal mempunyai ukuran pelat 120 cm x 120 cm, tebal 15 cm, diperkuat dengan tiang bulat beton masif tunggal diameter 20 cm, dan panjang tiang 150 cm. Sistem ini dibebani dengan pembebanan tekan sentris. Perhitungan lendutan dan gaya dalam pelat menggunakan metode BoEF (Beam on Elastic Foundation), berdasarkan tambahan modulus reaksi tanah dasar ekivalen yang dibandingkan dengan lendutan hasil pengamatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa besaran faktor aman mempengaruhi nilai lendutan hitungan. Peningkatan SF cenderung meningkatkan lendutan hitungan. Penggunaan SF = 1,0 sudah memadai. Perhitungan lendutan dengan memperhitungkan tahanan ujung tiang (Qb> 0) lebih baik dibanding tanpa memperhitungkan tahananan ujung tiang (Qb = 0). Momen pelat memberikan perbedaan tidak signifikan untuk hitungan tanpa atau dengan memperhitungkan tahanan ujung tiang
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkerasan kaku, pelat terpaku, diameter tiang, reaksi subgrade, lendutan pelat. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 05:47 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 09:09 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2609 |
Actions (login required)
View Item |