Mhb., Reginata Jenike and Mukhlis, Muhammad (2023) Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9 (1). pp. 197-208. ISSN 2715-4564
![]() |
Text
19. Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud.pdf - Published Version Download (743kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengembangkan kompetensi 4C dalam pembelajaran abad 21 yang tertuang dalam buku ajar Kelas X SMA/SMK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini mengadopsi metode analisis isi yang secara keseluruhan bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan asersi atau uraian menyeluruh dalam buku teks bahasa Indonesia kategori X dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menetapkan status topik. Peneliti ingin menentukan apakah keadaan subjek sesuai dengan buku teks. Penelitian ini menggunakan soal dan latihan dari buku teks SMA/SMK Kelas X yang ditulis, diterbitkan, dan didistribusikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai data primer. Penelitian ini menggunakan buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X yang didistribusikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut hasil penelitian ini, buku teks bahasa Indonesia SMA/SMK X terbitan Kemendikbud mengembangkan persentase keterampilan sebagai berikut: 42% keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, 38% kreativitas dan orisinalitas, 14% menggunakan 7 % untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi dan 7% untuk komunikasi. Angkaangka ini berasal dari penelitian yang dilakukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan abad 21, buku siswa, komponen 4C |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:06 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:06 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/24300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |