Analisis Proses Berpikir Menyusun Bukti Matematis Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar

Angraini, Lilis Marina and Sundawan, M Dadan and Noto, Muchamad Subali (2019) Analisis Proses Berpikir Menyusun Bukti Matematis Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Euclid, 6 (2). 189 -197. ISSN 2355-1712 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
3. artikel di euclid 1.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menelaah kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika dalam menyusun bukti matematis, serta mengamati kendala apa saja yang dialami mahasiswa dalam menyusun bukti matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Riau jurusan Pendidikan Matematika, pada mahasiswa semester VI sebanyak 21 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Struktur Aljabar tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pembuktian matematis mahasiswa Universitas Islam Riau dalam menjawab soal Struktur Aljabar memperoleh rata-rata skor sebesar 26 dari skor maksimum 50. Ini artinya kemampuan pembuktian matematis mahasiswa masih kategori cukup namun perlu ditingkatkan lagi agar skor yang diperoleh lebih tinggi. Persentase rata-rata skor kemampuan pembuktian matematis adalah 52%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menyusun Bukti Matematis, Mahasiswa Calon Guru, Struktur Aljabar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Mia
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:55
Last Modified: 10 Mar 2021 07:55
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2272

Actions (login required)

View Item View Item