Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan

Suryati, Erita (2017) Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar adalah kemampuan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran seperti penguasaan materi pelajaran agar materi yang disampaikan menjadi efektif dan efesien. Keterampilan mengajar sangat penting dimiliki oleh seorang guru sebab guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu guru harus memiliki barbagai keterampilan mengajar agar siswa berminat dalam pembelajaran agama islam. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan pada siswa SMAN 3 Teluk Meranti. Dalam aktifitas keseharian masih ada siswa yang kurang minat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga kurangnya keberanian siswa mengajukan pertanyaan dan diantara siswa masih ada yang bermalas-malasan dalam belajar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa SMA Negeri 3 Teluk Meranti. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang siswa SMA Negeri 3 Teluk Meranti. Dimana pengambilan sampel menggunakan metode angket dan dokumentasi.Hasil analisis vadilitas pada instrumen keterampilan mengajar guru menunjukkan dari 20 soal terbukti valid, sedangkan pada instrumen minat belajar siswa terdapat 20 soal terbukti valid sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,975 untuk keterampilan mengajar guru dan 0,924 untuk minat belajar siswa dan dinyatakan reliabel. Teknik analisis korelasi product moment artinya ada hubungan keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa. Adapun hasil penelitian tentang hubungan keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa dapat dilihat dari analisis korelasi product moment artinya ada hubungan keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa. Dan tingkat hubungannya sebesar 0,430 Ini artinya terdapat hubungan yang “sedang’’ antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar peserta siswa bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Teluk Meranti.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:15
Last Modified: 26 Feb 2021 02:15
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item