Yulismar, Desliana (2018) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp 4 Lipat Kain Kecamatan Kampar Kiri. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional jelas bahwa pendidikan disetiap jenjang harus diselenggarakan secara sistematis (teratur) guna mencapai tujuan tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan, santun dan berinteraksi (pengaruh timbal balik ) dengan masyarakat. Di desa Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar masih ada guru Pendidikan Agama Islam yang kurangnya pengetahuan tentang pendidikan karakter. Guru Pendidikan Agama Islam masih kurang optimal dalam menyampaikan pendidikan karakter dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, kemudian kurang juga dalam mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Adapun perumusan masalahnya adalah Bagaimanakah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 4 Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 4 Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri. Untuk mengumpulkan data maka penulis lakukan melalui obsevasi yang di berikan kepada guru Pendidikan Agama Islam dan di analisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 4 Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri” termasuk kategori “baik” dengan perolehan 82,5 % yang termasuk rentang 76% - 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2018 10:48 | |||||||||
Last Modified: | 07 Apr 2018 10:48 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |