Ratri, Yulia and Rezeki, Sri and Andrian, Dedek and Ariawan, Rezi (2022) Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 94-103.
Text
19. Perangkat Pembelajaran Matematika.pdf - Published Version Download (384kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa perangkat pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. 4 tahapan 4D yaitu tahap define, tahap desain, tahap development dan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan instrument pengumpulan data yaitu lembar validasi yang dirancang menggunakan skala likert 4 tingkat. Validasi dilakukan kepada empat orang validator yaitu dua orang dosen matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dan dua orang guru matematika. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dari data hasil validasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa hasil validasi perangkat pembelajaran dengan rata-rata keseluruhan pada RPP sebesar 87,36% dengan kriteria sangat valid sedangkan rata-rata keseluruhan pada LKPD sebesar 84,56% dengan kriteria sangat valid. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear yang sudah teruji kevalidannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Sistem Persamaan Linear |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 09:39 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 09:39 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21046 |
Actions (login required)
View Item |