Efektifitas Pembelajaran Noticing Metakognitif terhadap Keyakinan Diri Praktik Pembelajaran Micro Teaching pada Mahasiswa Calon Guru Matematika di UIN Suska Riau

Amir, Zubaidah and Andrian, Dedek and Maharani, Anggita (2022) Efektifitas Pembelajaran Noticing Metakognitif terhadap Keyakinan Diri Praktik Pembelajaran Micro Teaching pada Mahasiswa Calon Guru Matematika di UIN Suska Riau. Journal of Research in Mathematics Learning (Juring), 4 (2). pp. 187-198. ISSN 2621-7430

[img] Text
11. Efektifitas Pembelajaran Noticing Metakognitif.pdf - Published Version

Download (500kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan keyakinan diri calon guru pendidikan matematika ketika praktik microteaching antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran noticing metakognitif dengan pembelajaran micro teaching biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent eksperimental dan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan dua kelompok mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah micro teaching yaitu: mahasiswa semester 6A dan 6B, 6A adalah kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif sedangkan kelas 6B merupakan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran micro teaching biasa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dengan instrumen angket keyakinan diri yang diberikan diakhir treatment. Data dianalisis dengan deskriptif menggunakan uji-t dengan berbantuan spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil uji-t, terlihat perbedaan keyakinan diri praktik micro teaching diantara kedua kelompok. Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif lebih memiliki keyakinan diri ketika praktik micro teaching dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak menggunakan pembelajaran noticing metakognitif. Pembelajaran noticing metakognitif dapat memupuk kesadaran diri mahasiswa untuk siap praktik micro teachingnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keyakinan diri, metakognitif, noticing, praktik micro teaching
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Mia
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:15
Last Modified: 16 Mar 2023 04:15
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21032

Actions (login required)

View Item View Item