Febby, Permalita (2017) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII1 SMPN 28 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (108kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) di kelas VIII1 SMPN 28 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/201. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2016 sampai 23 november 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1yang berjumlah 23 orang siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa yang terdiri dari ketuntasan individual dan klasikal.Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui daya serap dan ketuntasan belajar siswa untuk nilai PPK (Kognitif) dan nilai KI (Psikomotorik).Daya serap nilai PPK siswa sebelum PTK 76.17% meningkat pada siklus I menjadi 82.4% dan pada siklus II meningkat menjadi 90.17%.Ketuntasan klasikal nilai PPK siswa sebelum PTK 52.17% meningkat pada siklus I menjadi 69.57% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Daya serap nilai KIsiswa sebelum PTK79.35% meningkat pada siklus I menjadi 81.85% dan pada siklus II meningkat menjadi87.53%.Ketuntasan klasikal nilai KI siswa sebelum PTK 60.87% meningkat pada siklus I menjadi 65.22% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII1 SMPN28 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI)dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2018 08:29 | |||||||||
Last Modified: | 12 Mar 2018 08:29 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/105 |
Actions (login required)
View Item |