Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017

Mutia, Vernanda (2015) Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017, pada materi Sistem Ekskresi. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan uji homogenitas dari nilai pre-test. Uji homogenitas melalui uji –T diketahui bahwa Thitung< Ttabel = 0,86 < 2,00, maka H0 diterima dan H1 ditolak sehingga sampel dinyatakan homogen. Dua kelas yang homogen kemudian dipilih secara undian untuk menentukan kelas eksperimen 1 (X1) dan eksperimen 2 (X2), maka terpilih kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL). Hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar Post-Test siswa, kelas eksperimen 1 = 89,86 dan kelas eksperimen 2 = 91,39, hasil belajar psikomotorik siswa kelas eksperimen 1 = 94,21 dan nilai hasil belajar psikomotik kelas eksperimen 2 = 90,30. Analisis data uji-T diketahui bahwa Thitung (-1,39) < Ttabel (2,00) dengan dk = 82 dan taraf  = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL).

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
> Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 09 Mar 2018 14:45
Last Modified: 21 Mar 2018 15:41
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item