Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Wanita Di Indomaret Kota Pekanbaru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Notarianul, Syamsi (2018) Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Wanita Di Indomaret Kota Pekanbaru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined] thesis, Ilmu Hukum.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu tenaga kerja juga harus dilindungi hak haknya dari si pemberi kerja, terutama tenaga kerja wanita. Karena mempekerjakan tenaga kerja wanita memerlukan suatu perlakuan yang khusus, dikarenakan tenaga kerja wanita sangatlah berbeda dengan tenaga kerja laki laki. tenaga kerja wanita merupakan mahkluk yang lemah dan lembut. Oleh karena itu maka dibuatlah suatu peraturan yang dibuat oleh pemerintah untuk memberlakukan perlindungan terhadap tenaga kerja wanita.Perlindungan hukum adalah segala daya upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang maupun lembaga pemerintah, swasta yang bertujuan mengusahakan pengamanan, penguasaan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak-hak Asasi Manusia. Perlindungan hukum terhadap tenaga kerja wanita adalah salah satu bentuk perlindungan hukum yaitu norma kerja yang meliputi perlindungan terhadap tenaga kerja yang berhubungan dengan waktu kerja, istirahat, cuti, kesusilaan ibadah menurut agama dan keyakinan masing-masing.Perlindungan tenaga kerja wanita di atur di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana perlindungan hukum yang diberikan pemerintah dan perusahaan terhadap tenaga kerja wanita di Indomaret Kota Pekanbaru dan apa hambatan perlindungan hukum yang diberikan pemerintah dan perusahaan terhadap tenaga kerja wanita di Indomaret Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yaitu secara sosiologis empiris. Sedangkan dari sifatnya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek peneliti. Perlindungan hukum terhadap pekerja wanita di Indomaret Kota Pekanbaru, yang bekerja di malam hari masih adanya pelanggaran, walaupun pihak perusahan Indomaret tidak mempekerjakan wanita diatas jam 23.00 Wib s/d jam 07.00 Wib tetapi di indomaret plus 24 jam, hanya bekerja 2 shif. Jam terakhir pekerja wanita bekerja yaitu Jam 23.00 Wib. Penulis menjumpai pekerja wanita yang pulang dari indomaret plus 24 jam melewati jam kerja yang sampai kepada jam 01.00 Wib. Dalam hal ini pihak perusahaan telah melanggar Pasal 76 ayat (1) UU No. 13 Tahun 2003.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate" not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 30 Jun 2018 12:18
Last Modified: 30 Jun 2018 12:18
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item